18 Oktober, 2012

Matikan Windows Sidebar Anda

Microsoft Minta User Nonaktifkan Sidebar.

Sementara ucapkan selamat tinggal untuk Windows Sidebar. Dalam laporan keamanan yang dirilis Selasa (10/7), Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah merilis patch yang akan menon-aktifkan Windows Sidebar dan Gadgets pada Windows Vista dan Windows 7. Hal ini dilakukan setelah ditemukan banyak kerentanan yang memungkinkan eksekusi kode jarak jauh lewat Windows Sidebar oleh Insecure Gadget.

Microsoft memperingatkan, jika seorang penyerang berhasil mengeksploitasi kerentanan Gadget, mereka dapat dengan  mudah menjalankan kode secara sewenang-wenang apalagi jika user sedang login sebagai administrator. Mulai dari melihat, mengubah, atau menghapus data, bahkan membuat account baru dengan hak akses penuh.

Saat ini, Gadget masih bisa ditemukan pada Windows 8 Consumer and Release Preview Editions. Kabarnya, Microsoft sedang membersihkan “Gadget House” online dan hanya menawarkan “Greatest Hits” yang berisi 29 koleksi pilihan yang dikembangkan secara internal dengan pihak ketiga.

Desktop Gadget telah ada sejak peluncuran Windows Vista dan telah terbukti cukup bermanfaat dan menghibur. Secara visual, fitur ini telah dihapus di Windows 7 yang memungkinkan Gadget mengapung pada desktop atau dilampirkan ke sisi kiri atau kanan layar. Namun, semua Gadget masih bisa dimunculkan oleh proses side-bar.exe seperti yang terlihat di tab Process dari Task Manager Windows.

Sumber CoPas dari PC Media 08/2012

Caranya adalah:
1. Buka command prompt (pada keyboard tekan Logo Windows+R) dan ketikkan msconfig dan tekan Enter.
2. Klik tab Start up dan cari di kolom command C:\Program Files\Windows Sidebar\sidebar.exe /autorun. Hilangkan centang yang ada.
3. Klik Ok dan Restart PC atau Laptop.

Atau

Klik kanan pada Windows sidebar, klik Properties dan hilangkan centang pada Start Sidebar when Windows start.

Done...

Tidak ada komentar: