18 Juli, 2010

Motor Bakar 2 Langkah dan 4 Langkah

Mengenang masa waktu dulu di SMP mata pelajaran Keterampilan yang saya ambil adalah Otomotif. Disini saya mengulas lagi tentang motor bakar 2 langkah dan 4 langkah.

Motor bakar 2 langkah (tak) ditemukan oleh Entiene Lenoir (12 Januari 1822 - 4 Augustus 1900) seorang berkebangsaan Perancis. Motor bakar 4 langkah (tak) ditemukan oleh August Otto (10 Juni 1832 - 26 Januari 1891) seorang berkebangsaan Jerman.

Pengenalan dasar asal mula tenaga motor:
1. Ada bahan bakar
2. Ada udara
3. Ada panas yang tinggi yang bisa membakar campuran udara dan bahan bakar
4. Pembakaran di ruang tertutup menimbulkan tekanan
5. Tekanan tersebut dinamakan tenaga motor

Motor berdasarkan langkah kerjanya:
1. Motor 2 langkah
2. Motor 4 langkah



Berdasarkan bahan bakarnya:
1. Motor Bensin
2. Motor Diesel

Mesin yang menggunakan bahan bakar bensin dinamakan motor bensin. Pada motor bensin, penyaluran bahan bakarnya menggunakan karburator.

Mesin yang menggunakan bahan bakar solar dinamakan motor diesel. Pada motor diesel, penyaluran bahan bakarnya menggunakan bosh pump.

Konstruksi motor diesel pada umumnya mempunyai konstruksi mesin yang lebih kuat dan lebih berat daripada konstruksi motor bensin, karena sistem pembakaran pada motor diesel mempunyai daya yang lebih kuat dibandingkan sistem bahan bakar motor bensin sehingga motor diesel membutuhkan konstruksi yang lebih kuat dibandingkan dengan konstruksi motor bensin.

Prinsip kerja motor bakar 2 tak:
I. Langkah hisap dan kompresi
1. Piston bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) ke Titik Mati Bawah (TMB).
2. Saat saluran bilas masih tertutup oleh piston, di dalam bak engkol terjadi kompresi terhadap campuran bensin dan udara.
3. Diatas piston, gas sisa pembakaran dari hasil pembakaran sebelumnya sudah mualu terbuang keluar melalui saluran buang.
4. Saat saluran bilas sudah terbuka, campuran bensin dan udara mengalir melalui saluran, terus ke saluran bilas dan masuk ke dalam ruang bakar.

II. Langkah pembakaran dan buang
1. Piston bergerak dari TMB ke TMA.
2. Saluran bilas dan saluran buang tertutup. Terjadi langkah kompresi. Setelah tercapai tekanan tinggi, busi memercikkan bunga api listrik untuk membakar campuran bensin dan udara tadi.
3. Pada saat yang bersamaan juga dibawah (dalam bak engkol mesin) bahan bakar baru masuk ke dalam bak mesin melalui saluran masuk.

Contoh gambar:


Prinsip kerja motor bakar 4 tak:
I. Langkah hisap
1. Piston bergerak kebawah (menuju TMB), katup hisap terbuka dan katup buang menutup.
2. Campuran udara dan bahan bakar dihisap masuk (melalui katup hisap)

II. Langkah kompresi
1. Piston bergerak ke atas (menuju TMA), kedua katup menutup.
2. Bensin dan udara dimampatkan.

III. Langkah pembakaran
1. Sesaat sebelum piston mencapai TMA, busi memercikkan bunga api dan membuka campuran udara.
2. Tekanan meningkat dan mendorong piston kebawah (kedua katup menutup)
Daya mekanik inilah yang dimanfaatkan untuk menggerakkan mesin.

IV. Langkah buang
1. Setelah piston mencapai TMA, katup buang membuka.
2. Piston bergerak keatas mendorong sisa pembakaran keluar menuju knalpot.

Contoh gambar:


Siklus ini terus berulang (piston bergerak keatas dan kebawah). Gerakan piston keatas dan kebawah ini dimanfaatkan dengan cara merubahnya menjadi gerakan memutar dan dihubungkan ke gear box.

Komponen-komponen mesin 4 tak adalah:
- Busi berfungsi untuk memercikkan api
- Katup berfungsi untuk menutup lubang silinder
- Piston berfungsi untuk mengatur volume ruang pembakaran
- Batang penghubung berfungsi untuk menghubungkan piston dengan crankshaft
- Crankshaft merubah gerakan naik turun piston (vertikal) menjadi gerakan memutar.

Semoga ulasan singkat ini bisa membantu...

2 komentar:

MAG YANG INDAH mengatakan...

keren bro...sama qt...besok selasa q ngasih materi seminar untuk anak2 SMA sederajat...makasih ya...

salam solidariti forever...

Anddra mengatakan...

senang bisa bantu bro...